Minggu, 18 September 2016 | By: rohmatillahputri

SEJARAH SINGKAT PONDOK PESANTREN ROHMATILAH

Pondok Pesantren Rohmatillah yang ada di Desa Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang letaknya kurang lebih 8 KM dari Kota Kudus kearah utara berdiri pada tahun 1984 M oleh KH. Abdul Mannan AH. Nama Rohmatillah itu sendiri masih ada hubungan dengan nama Barkatillah yaitu nama sebuah Musholla kecil yang didirikan oleh Bapak beliau yang bernama K. Abdul Rozaq. Seorang tokoh masyarakat Desa Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Nama Rohmatillah itu juga pemberian dari Guru Beliau yaitu KH. Arwani Amin. Pendiri Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an yaitu salah seorang Ulama’ besar, Ulama’ ahli Qur’an dan Ahli Tafsir yang namanya masih dikenang di seluruh Indonesia hingga sekarang. Rohmatillah sebelum menjadi Pondok Pesantren adalah sebuah Musholla kecil yang di dalamnya sebagai tempat berjama’ah  bagi masyarakat sekitarnya yang belajar mengaji Al-Qur’an bagi anak – anak sekitar Musholla.


Seiring dengan perjalanan waktu, anak yang belajar di Musholla tersebut semakin banyak bahkan mulai berdatangan anak – anak ( Santri ) dari luar daerah Kudus seperti Demak, Pati, dan sebagainya. Melihat situasi demikian beliau dengan dibantu masyarakat sekitar membuat seadanya sebagi tempat bagi santri dari luar Kudus, maka jadilah Rohmatillah yang tadinya Musholla berubah menjadi Pondok Pesantren Rohmatillah.


Sang Muassis ( Pendiri ) KH. Abdul Mannan AH dalam mendirikan Pondok Pesantren Rohmatillah mempunyai harapan dan tujuan dalam mendidik santri supaya menjadi Huffadzil Qur’an yang bertaqwa kepada Allah, berakhlaq  Qur’ani dan menitik beratkan tentang bacaan Al-Qur’an sesuai dengan Ilmu Tajwid dan Ilmu Al-Qur’an.


Dengan kekuatan lahir dan batin, Muassis ( Pendiri ) ingin mewujudkan harapannya di awali dari jenjang pendidikan pelajaran, sistem pelajaran / pendidikan peraturan serta di tunjang dengan Mujahadah dan Riyadhoh. Dan untuk menunjang pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Rohmatillah selain di ajarkan Al-Qur’an, juga diajarkan Ilmu yang lainnya. Seperti: Fiqih, Ilmu Alat ( Nahwu Shorof ) dan Ilmu Tasawuf. Sehingga menjadikan Rohmatillah sebagai Pondok Pesanren Terbesar yang ada di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang keberadaannya sangat penting bagi masyarakat Kudus khususnya dan bagi umat Islam pada umumnya.


Dan pembangunan Gedung berlantai 3 Rohmatillah Putri dimulai sekitar bulan Nopember 2012 sampai bulan Mei 2013.

0 komentar:

Posting Komentar